Jangan Nulis kalau Tidak Mau Jadi Penulis (tips NULIS para pemula) Jangan Nulis kalau Tidak Mau Jadi Penulis (tips NULIS para pemula) - Pusat Semangat

Jangan Nulis kalau Tidak Mau Jadi Penulis (tips NULIS para pemula)


Gak ada salahnya kalo nulis lagi. Udah sebulan penuh gak ada inspirasi sebab truz mikirin UTS sama acara-acara di kampuss. Pokoknya padet banget agendanya. Saya bingung mau tentang apa nulis sekarang. Sepertinya belum ada juga yang masuk ke pikiran. Terus aja saya nulissampe segini. Gak tau nyambung atau nggak yang penting saya harus nulis sekarang. Kayaknya udah banyak nih tulisan, dari awal sampe titik.

Gak kerasa juga sampe sebanyak ini. Mungkin karena lagi betah kali ya? Sekarang saya lanjutin lagi nulisnya. Nulis enaknya kalo suasana moodnya tinggi. Sekarang mood saya lagi kurang. Hasilnya kayak tulisan ini nih, ngecaprak gak aja puguh. Biarin deh, yang penting bias dimengerti ama orang yang suka baca (kayak kamoe-kamoe). Emang gak mudah jadi seorang penulis. Tapi apa salahnya nyoba jadi penulis, walaupun cuma satu kalimat.

Sering saya baca buku-buku tentang pengalaman penulis. Isinya hamper sama, yaitu proses menjadi penulis besar dimulai dari kebiasaan menulis. Soalnya semua butuh latihan biar tambah lihai ngolah kata, biar gak ribet dan kesannya gak kakuyang bakal ngebingungin yang baca.

Baca: Kemampuan Menulis Bukan Faktor Keturunan

Yang penting ada kemauan juga sih. Kalau gak dimulai dari sekarang, mau kapan lagi mulainya? Tanyain aja pada diri sendiri, mau nggak nulis? Terus aja nulis, jangan pikirin dulu kehawatiran. Sekarang fokus nulis yang banyak. Nah setelah buanyak tulisannya atau dianggap selesai, barulah dibaca lagi untuk mulai ngedit. Dalam kesempatan ini bisa ditambahin apa aja, ibarat masakan, dikasih bumbu biar sedap dibaca, dan pembaca gak mau pindah ke lain hati. Busyet, jadi puitis gitu.

Nulis Yuk!!! (tips NULIS para pemula)
Balik lagi ke tatabahasa kacau balau……. Pernah nemuin waktu ngedit, ada kalimat yang bikin geli. Saya biarin aja, biar yang lain ikut geli sampe blegidikan. Kalimat yang ngaco juga saya pertahaninkayak di tulisan ini, sengaja gak diedit, biar semua tau beginilah awal ketika menulis. Dibilang gampang, pasti bakal gampang. Dibilang susah, pasti bakal susah.

Tuh kan, makin banyak aja tulisannya. Padahal tadi gak ada inspirasi nulis. Tapi kalo mau, pasti hasilnya kayak yang didepan ini. Biar kacau balau yang penting ada. Daripada nggak samasekali. Tulisan ini saya kasih judul Bingung Nulis, Ada Solusinya. Sepertinya saya kudu banyak berlatih ngebiasain nulis dari sekarang biar lebih baik dan rapi or gak ancur-ancuran lagi. Nulis yuk………………..!!!

Wassalaamu’alaikum…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel