Inspirasi dari Petir, Jadilah Penangkal Petir Inspirasi dari Petir, Jadilah Penangkal Petir - Pusat Semangat

Inspirasi dari Petir, Jadilah Penangkal Petir

Hujan yang lebat sering diringi petir. Petir mengandung muatan listrik yang sangat besar. Sehingga apabila mengenai suatu benda maka benda tersebut akan rusak. Lihat saja bentuknya di langit seperti cambuk api yang besar menjulur ke bumi.

Petir sangat berbahaya. Karena sudah banyak korban yang pernah mengalaminya. Hingga yang bernyawa pun dapat seketika hilang. Televisi saya juga dulu pernah gosong. Apalagi kakau manusia yang kena. Teman saya juga pernah terkena petir sampai tangannya merah seperti terbakar. Untung hanya sedikit.

Sekarang, bagaimana cara menangkalnya?

Ada seorang ilmuan yang bernama Benjamin Franklin. Dia dan teman-temannya mulai meneliti fenomena listrik itu dengan menerbangkan sebuah layang-layang pada saat badai. Setelah penelitian dilakukan, dia mengumumkan penelitiannya yang membuktikan bahwa petir juga adalah listrik.

Dia menyadari besarnya bahaya dari percobaannya sehingga menawarkan cara lain yang membuktikan bahwa petir adalah listrik. Lalu ditunjukkan dengan memakai konsep ground listrik. Dia tidak menerbangkan layang-layang dan menunggu hingga layang-layang tersebut disambar petir. Dia menggunakan layang-layang untuk mengumpulkan listrik dari awan badai semata.

Percobaan ini mengarahkan dia ke penemuannya berupa penangkal petir . Dia menyimpulkan bahwa konduktor (penghantar listrik) dengan ujung yang tajam memiliki kemampuan untuk menarik muatan listrik dan memiliki jangkauan penarikan yang lebih jauh dibandingkan dengan konduktor dengan ujung yang tumpul. Ini bisa digunakan untuk melindungi rumah dari bahaya tersambar petir, dengan memasang sebatang besi runcing seruncing jarum dan diberi lapisan anti karat, yang diarahkan ke langit, dan pada kaki besi, diikatkan dengan kabel yang menuju ke tanah. Penangkal petir ini dapat menarik muatan listrik di awan menuju ke tanah sehingga muatan listrik tersebut tidak cukup untuk menimbulkan petir dan kilat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel