Browser Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet Browser Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet - Pusat Semangat

Browser Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet

Berinternet pasti hari ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Karena masyarakat sekarang sudah mengenal dan juga tidak ingin ketinggalan zaman maka masyarakat berusaha untuk memperbaharui informasi dan menggunakan fasilitas canggih seperti internet.

Ditinjau dari kegunaannya, internet memilki banyak manfaat. Internet mempermudah masyarakat berbagi dan mendapatkan informasi. Masyarakat bisa belajar dari mana saja. Mereka bisa memperoleh ilmu kapan saja dan di mana saja tempatnya.

Berinternet tidak lepas dari kegiatan browsing, kegiatan mencari informasi terbaru lewat internet. Sekarang teknologi semakin maju. Alat-alat yang dipakai untuk berinternet juga semakin canggih. Semakin canggih teknologi suatu alat, semakin sederhana cara pemakaiannya juga bentuknya semakin mudah dibawa ke mana saja. Contoh, laptop lebih simpel dari komputer desktop. Smarphone/tablet lebih simpel daripada laptop. Bahkan sampai ada rumor bahwa akan ada teknologi hologram yang lebih simpel dari semua alat tersebut dan pasti lebih canggih.

Apapun alat yang dipakai untuk menggunakan internet, tidak lepas dengan penggunaan software. Sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk mengakses internet. Software ini sering dikenal dengan browser atau alat penelusur.

Ada beberapa browser yang paling sering dipakai oleh pengguna internet. Browser-browser tersebut adalah seperti berikut ini:

Pertama, Internet Explorer. Internet explorer penulis letakkan di tingkat pertama karena browser ini merupakan browser bawaan semua perangkat system komputer hingga smartphone yang menggunakan windows, mac, maupun android. Secara otomatis pengguna mengakses internet pertama kali pasti menggunakan Internet Explorer terlebih dahulu sebelum menggunakan browser lainnya. Fitur-fitur yang disediakan oleh Internet Explorer adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan add-ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
  • Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
  • Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yangterhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
  • Bisa dipasang Google Chrome Frame agar lebih cepat

Kedua, Google Chrome. Google chrom berada di tingkat  kedua setelah Internet Explorer karena sekarang sudah banyak orang yang melakukan pencarian pasti menggunakan mesin pencari atau search engine raksasa yaitu GOOGLE.COM. Google dalam mesin pencarinya selalu mempromosikan browser andalannya yang mampu bersaing dengan dengan browser pendahulunya sepeti Internet Explorer. Secara tidak langsung pengguna yang menginginkan pencariannya maksimal pasti beralih menggunakan Google Chrome. Ini kelebihan-kelebihan dari Google Chrome:

  • Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
  • Desainnya simpel, minimalis dan praktis, sehingga halaman situs yang sedang dibuka akan terlihat lebih lapang dan luas. Cocok untuk Komputer/PC yang berlayar mini/kecil, seperti Netbook dll.
  • Updatenya sering, cepat dan mudah
  • Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
  • Banyak fitur tambahan (add-ons/extensions) yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan, bahkan banyak juga add-ons/extensions yang diadopsi dari firefox
  • Bagi pengguna Gmail (Google Mail), akan dimanjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Google yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun
  • Bisa gonta-ganti skin/theme yang lumayan banyak dan bervariasi
  • Bisa membuka halaman Wapsite yg dikhususkan untuk ponsel/hp
  • Terintegrasi dengan Google Translate sehingga akan lebih memudahkan kita untuk menterjemahkan halaman yang sedang dibuka ke berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia
  • Terintegrasi dengan Google Search, untuk mencari informasi via m’Bah Google cukup memasukan kata kunci dalam address bar Google Chrome. Lebih simpel dan praktis
  • Pengguna Google Chrome akan dimanjakan oleh fasilitas milik Google
  • Lebih mudah untuk edit kode HTML terutama dalam mencari kode tertentu.

Ketiga, UC Browser. Pengguna browser ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang sekarang beralih kepada smartphone yang menggunakan android yang semakin banyak. Pengguna internet pasti menginginkan kinerja internet yang cepat. Maka UC Browser menyediakan kebutuhan tersebut. Kelebihan yang dimiliki oleh UC Browser adalah kemampuannya untuk mengkompres data browsing. Maksudnya adalah, ketika Gadgeteers membuka sebuah situs, ternyata dalam situs tersebut terdapat data sebesar 140.40 Mb maka UC Browser akan menyunat data tersebut sebesar 85%.
Selain hal tersebut terdapat pula keunggulan lainnya yaitu di antaranya adalah smart downloading, yang memungkinkan kita untuk mengelola unduhan. Terdapatnya add-on salah satunya adalah Facebook Faster Add on, yang membuat penggunanya lebih mudah berselancar mengarungi  Facebook.


Keempat, Mozilla Firefox. Perusahaan Mozilla selalu mengembangkan produk andalannya ini. Saya masukkan ke peringkat keempat karena memang sekarang para pengguna sudah beralih ke browser di atas. Sedangkan firefox masih dipakai oleh pengguna yang memiliki blog atau website. Penulis pun masih menggunakan browser ini mengingat aplikasinya sangat mudah digunakan untuk mengolah website blogger. Dalam Mozilla terdapat banyak pluggin yang penulis butuhkan untuk mengolah blog. Selain itu tampilannya juga friendly dan mudah digunakan. Berikut ini kelebihan dari Mozilla Firefox:

  • Banyak fitur tambahan (add-ons) yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan
  • Cocok untuk membuka situs-situs multimedia
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat
  • Bisa membuka halaman Wapsite yang dikhususkan untuk ponsel/hp.
  • Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat
  • Security yang lebih handal
  • Ukuran download yang jauh lebih kecil.
  • Banyak tersedia addons untuk kelengkapan fungsi dari firefox
  • Ada komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester)
  • Kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE

Kelima, Opera Mini. Kelebihan yang ditunjukan Opera Mini salah satunya kemampuan membuat akses internet menjadi lebih cepat. Sama seperti UC Browser, Opera Mini juga mempunyai kemampuan untuk mengkompres data browsing sampai dengan 90%, luar biasa! Selain itu, Opera Mini dapat membuka halaman website dalam mode desktop tanpa kendala yang berarti.

Demikian beberapa browser yang paling banyak dipakai oleh para pengguna Internet yang bisa menjadi bahan pilihan Anda.

0 Response to "Browser Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet"

Post a Comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel