Peristiwa-peristiwa Penting di Hari Asyura Peristiwa-peristiwa Penting di Hari Asyura - Pusat Semangat

Peristiwa-peristiwa Penting di Hari Asyura

Bulan Muharam merupakan bulan pertama dalam kalender tahun hijriyah atau tahun Qomariyah. Bulan tersebut adalah salah satu bulan yang tergolong ke dalam bulan haram. Bulan haram sendiri berjumlah empat bulan. Empat bulan bulan haram tersebut adalah bulan Dzulqo'dah, Zulhijjah, Muharam, dan Sya'ban yang masing-masing memiliki keutamaan.

Selain mempunyai keutamaan, dalam bulan Muharam pun terdapat peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah. Peristiwa-peristiwa tersebut bertepatan dengan hari ke sepuluh bulan Muharam. Berikut peristiwa-peristiwa penting yang bertepatan dengan hari asyura.

Hari asyuro adalah hari diampuninya dosa nabi Adam oleh Allah atas kesalahannya yaitu akibat berani mendekati dam memakan buah dari sebuah pohon yang Allah telah melarangnya sebelumnya walaupun hanya mendekati pohon tersebut. Akibatnya Allah memisahkan nabi Adam dengan istrinya, Siti Hawa dan dipertemukannya Nabi Adam dengan Siti Hawa pada hari asyuro juga.

Hari asyuro adalah hari diselamatkannya nabi Nuh dari banjir besar yang melanda kaumnya. Banjir tersebut menenggelamkan kaumnya yang durhaka kepada Allah.

Hari Asyuro adalah hari diselamatkannya nabi Luth atas azab yang ditimpakan oleh Allah berupa letusan gunung api yang membinasakan kaum yang tidak mau beriman kepada Allah.

Hari asyuro adalah hari diselamatkannya nabi Ibrahim dari kekejaman raja Namrud karena nabi Ibrahim menolak untuk menyembah berhala yang disembah oleh Namrud dan rakyatnya. Nabi Ibrahim dihukum dengan cara dibakar hidup-hidup namun Allah mengubah api menjadi dingin dan nyaman terhadap kulit nabi Ibrahim. Dengan cara itulah Allah selamatkan nabi Ibrahim dari api besar yang mengelilinginya.

Hari asyuro adalah hari diselamatkannya nabi Musa dari kejaran Firaun dan ditenggelamkannya Firaun ke dalam laut merah oleh Allah. Saat itulah nabi Musa menjadikan hari berpuasa sebagai rasa syukur atas dimenangkannya nabi Musa terhadap musuhnya yang jauh lebih kuat menurut perhitungan manusia namun Allah memenangkan kaum nabi Musa dengan mudah.

Hari asyuro adalah hari hijrahnya nabi Muhammad ke Yastrib yang sekarang dikenal dengan nama Madinah sebagai awal mula Islam berkembang pesat hingga ke setiap penjuru dunia. Pada hari asyuro juga terjadi penaklukkan kota Mekah oleh umat Islam terhadap kafir Mekah.

Demikian beberapa peristiwa besar yang tercatat dalam sejarah yang bertepatan dengan hari asyuro. Adapun data ilmiahnya, kami akan menyempurnakannya. Allahu a'lam.

0 Response to "Peristiwa-peristiwa Penting di Hari Asyura"

Post a Comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel