Belajar, Mengajar, Pembelajaran, Pendidikan, dan Mendidik Belajar, Mengajar, Pembelajaran, Pendidikan, dan Mendidik - Pusat Semangat

Belajar, Mengajar, Pembelajaran, Pendidikan, dan Mendidik

Belajar adalah proses menguasai sesuatu sehingga memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan atasnya. Dikatakan seseorang telah belajar apabila dia telah mengetahui, memahami, dan terampil atas sesuatu yang dipelajari.

Selanjutnya pendidikan adalah proses menanamkan karakter seseorang sehingga dari proses belajar tersebut menjadi kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupannya. Dalam proses ini diharapkan pembelajar atau siswa mengalami perubahan perilaku akibat dari latihan dan pembiasaan  yang dilakukan saat proses pendidikan.

Belajar adalah proses menguasai sesuatu sehingga memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan atasnya. Dikatakan seseorang telah belajar apabila dia telah mengetahui, memahami, dan terampil atas sesuatu yang dipelajari.  Selanjutnya pendidikan adalah proses menanamkan karakter seseorang sehingga dari proses belajar tersebut menjadi kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupannya. Dalam proses ini diharapkan pembelajar atau siswa mengalami perubahan perilaku akibat dari latihan dan pembiasaan  yang dilakukan saat proses pendidikan.    Mengajar berarti suatu usaha agar terjadi kegiatan belajar. Sehingga mengajar menjadi suatu usaha agar terjadi proses menguasai sesuatu sehingga memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan atas sesuatu yang dipelajari. Selain itu, mengajar adalah proses mentransfer ilmu dari pengajar kepada pembelajar.  Tugas guru bukan hanya mengajar, melainkan tugas guru juga mendidik para muridnya. Maka guru dituntut mampu menanamkan karakter yang diharapkan dalam diri muridnya dengan wujud perubahan perilakunya sesuai dengan tujuan. Pembelajaran berarti proses belajar mengajar yang di dalamnya terjadi interaksi antara pengajar dan pembelajar untuk mencapai tujuan belajar.  Tujuan belajar merupakan sebuah kompetensi atau kemampuan yang harus dikuasai siswa setelah mengikuti pembelajaran. Agar proses belajar efekti dan efesien maka setiap tujuan belajar harus dirumuskan dengan jelas baik kognitif, psikomotorik, dan afektifnya.  Tujuan pendidikan harus menjamin terpenuhinya tujuan kehidupan individu yakni pembinaan, pengembangan bakat, memunculkan berbagai potensi dalam diri siswa. Tujuan kehidupan sosial dari pendidikan ialah tertanamnya karakter atau ahlaq sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mewujudkan tujuan ini diperlukan pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat pendidikan ahlaq. Kedua tujuan ini harus seimbang agar kebutuhan individu dan sosial pada siswa terpenuhi.


Mengajar berarti suatu usaha agar terjadi kegiatan belajar. Sehingga mengajar menjadi suatu usaha agar terjadi proses menguasai sesuatu sehingga memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan atas sesuatu yang dipelajari. Selain itu, mengajar adalah proses mentransfer ilmu dari pengajar kepada pembelajar.

Tugas guru bukan hanya mengajar, melainkan tugas guru juga mendidik para muridnya. Maka guru dituntut mampu menanamkan karakter yang diharapkan dalam diri muridnya dengan wujud perubahan perilakunya sesuai dengan tujuan.
Pembelajaran berarti proses belajar mengajar yang di dalamnya terjadi interaksi antara pengajar dan pembelajar untuk mencapai tujuan belajar.

Tujuan belajar merupakan sebuah kompetensi atau kemampuan yang harus dikuasai siswa setelah mengikuti pembelajaran. Agar proses belajar efekti dan efesien maka setiap tujuan belajar harus dirumuskan dengan jelas baik kognitif, psikomotorik, dan afektifnya.

Tujuan pendidikan harus menjamin terpenuhinya tujuan kehidupan individu yakni pembinaan, pengembangan bakat, memunculkan berbagai potensi dalam diri siswa. Tujuan kehidupan sosial dari pendidikan ialah tertanamnya karakter atau ahlaq sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mewujudkan tujuan ini diperlukan pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat pendidikan ahlaq. Kedua tujuan ini harus seimbang agar kebutuhan individu dan sosial pada siswa terpenuhi.

0 Response to "Belajar, Mengajar, Pembelajaran, Pendidikan, dan Mendidik"

Post a Comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel