5 Cara Menyimpan Daging Qurban yang Benar 5 Cara Menyimpan Daging Qurban yang Benar - Pusat Semangat

5 Cara Menyimpan Daging Qurban yang Benar

Hari raya qurban sudah menghitung hari. Tukang jual hewan qurban sudah bermunculan. Penjual musiman yang lagi panen rezeki yang halal.

Mereka menawarkan hewan qurban lewat berbagai cara. Bisa bertemu langsung dengan pelanggan yang dulu pernah beli hewan qurban. Pasang spanduk supaya punya pelanggan baru. Sebar iklan agar pembelinya semakin meluas. Pokoknya bagaimana caranya supaya bisa laku keras.

Berbicara tentang hewan qurban nih. Pasti yang diambil dan dibagikan dagingnya. Saya biasanya dapat banyak sampai bisa buat nyetok untuk sebulan. Alhamdulillah banyak yang ngasih. Mudah-mudahan nanti bisa qurban juga. Aamiin.
Cara Menyimpan Daging Qurban yang Benar

Dapat daging banyak dari tetangga, dari sekolah, jatah panitia, jatah jadi masyarakat, pokoknya banyak sampai freezer tidak mampu menampung. Makanya saya ajak teman-teman nyate bareng. Atau saya kasih ke saudara dekat atau tetangga. Walau kadang malah ditolak karena memang freezernya sama tidak muat.

Untuk mengatasi melimpahnya daging pada hari raya qurban ini, mungkin kita perlu tahu cara menyimpan daging qurban yang benar.

TIPS-TIPS MENYIMPAN DAGING QURBAN YANG BENAR:
(Agar tetap terjaga kualitasnya)

1. Sebelum disimpan, daging qurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman2 bisa masuk dan tinggal di dalam pori2 daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Nyucinya besok saja kalo pas mau masak daging.

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yg benar, potong2 daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yg lain tetap beku di dalam freezer. InsyaAllah daging dalam keadaan beku dapat disimpan >1 thn.

3. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yg sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

4. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yg benar adalah letakkan daging beku tsb di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

5.  Tips tambahan :
Jangan memakai kresek warna hitam karena tas kresek hitam itu adalah hasil daur ulang  Tas kresek daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker. Pakailah kresek putih atau plastik bening....!!!

Semoga bermanfaat

0 Response to "5 Cara Menyimpan Daging Qurban yang Benar"

Post a Comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel