Akibat Update Inti Google Terhadap Peringkat Situs dan Cara Mengatasinya Akibat Update Inti Google Terhadap Peringkat Situs dan Cara Mengatasinya - Pusat Semangat

Akibat Update Inti Google Terhadap Peringkat Situs dan Cara Mengatasinya





Setiap hari, Google biasanya merilis satu atau beberapa perubahan yang dirancang untuk menyempurnakan hasil penelusuran. Meskipun sebagian tidak signifikan, namun perubahan ini membantu untuk terus meningkatkan kualitas secara bertahap.


Terkadang update mungkin tampak lebih signifikan. Google ingin mengonfirmasi update tersebut saat mereka merasa ada informasi yang dapat ditindaklanjuti oleh webmaster, pembuat konten, atau pihak lain. Misalnya, saat “Update Cepat” berlangsung, google menyampaikan pemberitahuan dan saran lanjutan selama beberapa bulan. Beberapa kali dalam setahun, mereka melakukan perubahan signifikan pada sistem dan algoritme penelusuran. Ini bisa disebut sebagai "update inti". Update ini dirancang guna memastikan bahwa secara keseluruhan, misi google untuk menyajikan konten yang relevan dan tepercaya bagi penelusur dapat terlaksana.

Update inti juga dapat memengaruhi Google Discover. Google mengonfirmasi update inti besar karena biasanya membuat beberapa pengaruh besar secara luas. Beberapa situs mungkin mengalami penurunan atau peningkatan performa penelusuran selama update berlangsung. Mungkin pihak yang situsnya mengalami penurunan performa penelusuran ingin melakukan perbaikan, dan diharapkan dapat membantu mereka melakukan perbaikan dengan tepat. Bahkan, mungkin tidak ada yang perlu diperbaiki sama sekali.

Update inti & menilai kembali konten

Penurunan peringkat halaman web selama update inti berlangsung bukanlah suatu masalah. Perilaku tersebut belum melanggar pedoman webmaster, atau menjadi sasaran tindakan manual atau algoritmik, seperti yang dapat terjadi pada halaman yang melanggar pedoman tersebut. Bahkan, proses update inti tidak menargetkan halaman atau situs tertentu.

Perubahan tersebut justru menyempurnakan cara sistem menilai konten secara keseluruhan. Perubahan ini dapat meningkatkan performa beberapa halaman yang sebelumnya tidak mendapatkan peringkat yang cukup baik. Jika dibayangkan, cara kerja update inti ini serupa dengan cara Anda membuat daftar 100 film terpopuler pada tahun 2015. Beberapa tahun kemudian, yaitu tahun 2019, Anda memperbarui daftar tersebut.

Perubahan tersebut wajar terjadi. Beberapa film baru dan menarik yang belum pernah ada sebelumnya kini menjadi kandidat untuk dimasukkan ke dalam daftar tersebut. Daftar tersebut akan berubah. Film yang sebelumnya berada di posisi tinggi kemudian mengalami penurunan peringkat tidaklah buruk. Perubahan ini terjadi karena memang ada beberapa film lainnya yang lebih layak menempati posisi tinggi.

Berfokus pada konten

Seperti yang telah dijelaskan, halaman yang mengalami penurunan performa penelusuran setelah update inti tidak memerlukan perbaikan. Meskipun demikian, jika pihak yang memiliki performa kurang baik setelah perubahan akibat upgrade inti merasa perlu memperbaiki halamannya. Sebaiknya Anda berfokus untuk menyajikan konten sebaik mungkin. Hal ini karena kualitas konten akan dinilai oleh algoritme. Anda dapat memulai dengan meninjau kembali saran yang diberikan mengenai cara menilai halaman Anda sendiri, jika Anda yakin telah menampilkan konten berkualitas. Kami telah memperbarui saran tersebut dengan serangkaian pertanyaan baru terkait konten yang perlu Anda ajukan kepada diri sendiri. Pertanyaan terkait konten dan kualitas
  • Apakah konten memberikan informasi, laporan, penelitian, atau analisis asli?
  • Apakah konten memberikan deskripsi topik yang penting, lengkap, atau komprehensif?
  • Apakah konten memberikan analisis mendalam atau informasi menarik yang sangat jelas? 
  • Jika berasal dari sumber lain, apakah konten terbebas dari tindakan penyalinan atau penulisan ulang sumber tersebut dan memberikan nilai tambah serta keaslian yang bermanfaat? 
  • Apakah judul halaman memberikan ringkasan konten yang deskriptif dan bermanfaat? 
  • Apakah judul halaman tidak bersifat mengejutkan atau berlebihan? 
  • Apakah halaman ini merupakan jenis halaman yang ingin Anda bookmark, bagikan kepada teman, atau rekomendasikan? 
  • Apakah Anda berharap melihat konten ini di dalam, atau dirujuk oleh, majalah, ensiklopedia, atau buku cetak? 
Pertanyaan terkait keahlian
  • Apakah konten menyajikan informasi dengan cara yang membuat Anda ingin memercayainya, seperti dengan mencantumkan sumber yang jelas, bukti keterlibatan seorang ahli, latar belakang penulis atau situs yang memublikasikannya, misalnya melalui link ke halaman penulis atau halaman Tentang situs?
  • Jika Anda menelusuri situs yang membuat konten, apakah Anda akan mendapatkan kesan bahwa situs tersebut dapat dipercaya atau diakui secara luas sebagai pihak berwenang atas topiknya? 
  • Apakah konten ditulis oleh ahli atau peminat yang terbukti memahami topik dengan baik?
  • Apakah konten terbebas dari kesalahan fakta yang mudah diverifikasi? 
  • Apakah Anda merasa nyaman memercayai konten ini untuk masalah yang berkaitan dengan uang atau kehidupan Anda? 
Pertanyaan terkait penyajian dan produksi
  • Apakah konten terbebas dari masalah ejaan atau gaya bahasa?
  • Apakah konten dibuat dengan baik, atau apakah tampak acak-acakan dan terburu-buru?
  • Apakah konten diproduksi secara massal oleh atau dialihdayakan ke sejumlah besar pembuat, atau disebarkan ke jaringan situs yang luas, sehingga setiap situs maupun halaman tidak mendapat cukup penanganan atau perhatian? 
  • Apakah konten memiliki terlalu banyak iklan yang mengganggu konten utama? 
  • Apakah konten ditampilkan dengan baik di perangkat seluler? 
Pertanyaan komparatif
  • Apakah konten memberikan nilai penting saat dibandingkan dengan halaman lain dalam hasil penelusuran?
  • Apakah konten tampak menayangkan minat asli pengunjung ke situs atau semata-mata karena seseorang ingin menebak jenis konten yang menghasilkan peringkat tinggi di mesin telusur? 
Selain mengajukan pertanyaan tersebut kepada diri sendiri, pertimbangkan untuk meminta penilaian jujur dari orang lain yang tidak berafiliasi dengan situs Anda. Sebaiknya Anda juga melakukan audit terhadap penurunan performa penelusuran yang mungkin Anda alami. Halaman apa yang paling terpengaruh dan untuk jenis penelusuran apa? Perhatikan poin berikut dengan saksama untuk memahami cara konten dinilai terhadap beberapa pertanyaan di atas.

Mengenal pedoman penilai kualitas & E-A-T

Untuk mendapatkan referensi lain terkait saran konten yang berkualitas, Anda dapat meninjau pedoman penilai kualitas penelusuran. Penilai adalah orang yang memberikan informasi terkait apakah algoritme tampaknya memberikan hasil yang baik, untuk membantu memastikan perubahan tersebut bekerja dengan baik.





Perlu dipahami bahwa penilai penelusuran tidak memiliki kontrol terhadap peringkat halaman. Data penilai tidak digunakan secara langsung dalam algoritme peringkat.

Masukan tersebut membantu google mengetahui apakah sistem mereka berfungsi. Jika Anda memahami cara penilai belajar menilai konten yang baik, Anda dapat dengan mudah memperbaiki konten Anda sendiri. Sebagai hasilnya, konten dapat memperoleh peringkat yang lebih baik dalam Penelusuran.




Jangan lewatkan sajian menarik lainnya ya^^


0 Response to "Akibat Update Inti Google Terhadap Peringkat Situs dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel