Corona Itu Apa? Corona Itu Apa? - Pusat Semangat

Corona Itu Apa?

Mungkin ada yang belum mengetahui apa itu Corona. Ya, bangak orang yang membicarakannya. Nama yang cantik dan mempesona ini ternyata meresahkan sejagat raya.

Corona itu apa?


Ini jadi pertanyaan besarnya. Banyak definisi dari berbagai sumber yang kami sajikan di halaman ini.

Arti Corona

Kata corona sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota. Nama ini diberikan karena bentuk virus corona menyerupai mahkota, yang mengacu pada tampilan partikel virus (virion): mereka memiliki pinggiran yang mengingatkan pada mahkota atau korona matahari.

Beginilah Bentuk Virus Corona

Ini adalah gambar ilustrasi dari virus corona yang telah diteliti oleh para ahli. Berbentuk seperti mahkota yang menyebabkan virus ini dinamakan corona yang memiliki arti mahkota.

Koronavirus merupakan virus beramplop dengan genom RNA utas tunggal plus dan nukleokapsid berbentuk heliks simetris. Jumlah genom koronavirus berkisar antara 27–34 kilo pasangan basa, terbesar di antara virus RNA yang diketahui.

Protein yang menyusun struktur koronavirus yaitu protein tonjolan (spike) (S), amplop (E), membran (M), dan nukleokapsid (N). Khusus pada virus SARS, letak pengikatan reseptor pada protein S memediasi perlekatan virus ke reseptor sel inangnya yaitu, enzim pengubah angiotensin (ACE2). Beberapa koronavirus (khususnya anggota Betacoronavirus garis keturunan A) juga memiliki tonjolan protein pendek yang disebut hemaglutinin esterase (HE).

Bencana Corona

Corona menjadi bencana Non Alam berdasarkan undang-undang Pasal 1 Ayat 3 UU No.24 Tahun 2007 yang membagi bencana menjadi tiga jenis. Yakni bencana alam, non-alam dan bencana sosial. Wabah penyakit Covid-19 termasuk dalam jenis bencana non-alam.

"Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit," bunyi Pasal 1 Ayat 3 UU No.24 Tahun 2007.

Corona dan definisinya


Menurut situs WHO, Corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia corona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrme (SARS). 

Dari sumber detik news tentang pertanyaan Apa itu Corona kami dapatkan definisi Corona berikut ini:
Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu.

keluarga besar virus yang menyebabkan beberapa penyakit. Di antaranya adalah flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Virus Corona, yang Jadi Penyebab Penyakit Covid-19, MERS, dan SARS?", https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/17/153000465/apa-itu-virus-corona-yang-jadi-penyebab-penyakit-covid-19-mers-dan-sars.
Penulis : Vina Fadhrotul Mukaromah
Editor : Virdita Rizki Ratriani
Dari sumber Kompas tentang apa itu corona didapatkan definisi berikut ini: Corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan beberapa penyakit. Di antaranya adalah flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome ( MERS-CoV), Severe Acute Respiratory Syndrome ( SARS-CoV), hingga yang terbaru, Covid-19.

Menurut Tribun News definisi Corona adalah sebagai berikut:
Virus corona atau coronavirus (CoV) merupakan keluarga virus yang menaungi virus SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002, dan MERS-CoV pada 2012. Sedangkan penyakit yang disebabkan terinfeksi SARS-CoV-2 disebut Covid-19, yang merupakan akronim dari coronavirus disease 19.

Lalu bagaimana ciri gejala dan cara mengatasinya?

Gejala pada penderita corona tidak memiliki gajala spesifik sehingga belum bisa ditentukan apakah terkena virus corona atau tidak, kecuali dirujuk ke dokter. Sebab gejala umumnya hampir sama dengan virus flu biasa yang di antaranya menyerang saluran pernapasan.

Sampai waktu ditulisnya artikel ini, penawar virus corona masih belum ditemukan, kecuali beberapa cara mencegahnya atau melawannya.

Di antara pecegahan dari virus corona adalah sebagai berikut:
1. Biasakan pola hidup bersih dan sehat
2. Perbaiki pola makan
3. Tingkatkan imunitas
4. Hindari keramaian
5. Keluar rumah seperlunya
6. Tidak mendatangi tempat yang sudah terkontaminasi COVID-19
7. Pakai masker

Sementara bagi yang bermukim di tempat yang sudah positif Corona hendaknya tidak ke luar daerah terlebih dahulu sampai kondisi sudah kondusif. Bahkan presiden pun mengatakan dan menganjurkan masyarakat agar selama masih belum kondusif, sebaiknya tinggal di rumah
keluarga besar virus yang menyebabkan beberapa penyakit. Di antaranya adalah flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Virus Corona, yang Jadi Penyebab Penyakit Covid-19, MERS, dan SARS?", https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/17/153000465/apa-itu-virus-corona-yang-jadi-penyebab-penyakit-covid-19-mers-dan-sars.
Penulis : Vina Fadhrotul Mukaromah
Editor : Virdita Rizki Ratriani


Jangan lewatkan sajian menarik lainnya ya^^


0 Response to "Corona Itu Apa?"

Post a Comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pesan
...