Di Balik Rumah Selalu Bersih dan Rapi, Bisa Jadi Gejala OCD Di Balik Rumah Selalu Bersih dan Rapi, Bisa Jadi Gejala OCD - Pusat Semangat

Di Balik Rumah Selalu Bersih dan Rapi, Bisa Jadi Gejala OCD


Obsessive compulsive disorder atau sering disingkat dengan OCD merupakan kelainan kronis di mana seseorang mempunyai obsesi dan perilaku yang tidak terkendali untuk melakukan suatu kegiatan secara terus-menerus. Obsessive merupakan sebutan yang dipakai bagi seseorang yang terlalu khawatir. Sedangkan compulsive merupakan gangguan personal yang dialami seseorang ketika dia terlalu detail, terlalu gemar mengatur, hingga cenderung perfeksionis. Sementara istilah disorder dipakai untuk menunjukkan bahwa gangguan tersebut menyebabkan efek yang signifikan dalam kesehariannya.

Beberapa mungkin sering menyebut orang yang terlalu terorganisir dan teliti, atau orang yang bolak-balik cuci tangan atau terobsesi dengan kebersihan.

Obyek atau kegiatan yang menjadi sasaran dari penderita gangguan OCD tidak selalu berkaitan dengan membersihkan atau merapikan bagian rumah saja. mereka juga merasa begitu takut kehilangan kontrol  akan berbagai hal lainnya. Berikut tanda-tanda lain yang akan muncul dari penderita OCD:
  • Menolak seseorang datang bertamu ke rumah hanya karena dia merasa kalau rumahnya kurang rapi.
  • Merapikan tumpukan buku atau majalah yang ada di meja secara terus-menerus agar tumpukan tersebut bisa terlihat rapi dan simetris. Disamping itu, penderita OCD juga sering memastikan label kaleng pada minum atau makanan selalu menghadap ke depan agar mudah dibaca olehnya.
  • Membersihkan sepatu yang ia pakai secara berlebihan belum masuk ke dalam rumah.
  • Merasa marah hanya karena seseorang tidak mengembalikan barang yang dimiliki ke tempat semula setelah digunakan. Itulah sebabnya, banyak penderita OCD yang memilih untuk hidup sendiri.
Setelah mengetahui apa itu OCD, mari kita baca artikel selanjutnya tentang:
Mengenali Gejala-gejala OCD yang Mungkin Salah Satunya Ada pada Diri Anda
Bagaimana Cara Menangani Gangguan OCD

0 Response to "Di Balik Rumah Selalu Bersih dan Rapi, Bisa Jadi Gejala OCD"

Post a comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Terimakasih sudah membaca artikel kami

Jangan lewatkan sajian menarik lainnya ya^^

Pesan
...