-->
Terimakasih Kepada 1220942 Pengunjung

Dosa Blogger Pemula

 

Dosa Blogger Pemula


Yang sudah ngeblog bertahun-tahun saja masih terus upgrade dan update terus ilmunya supaya kesalahan-kesalahannya dimaafkan. Tidak cuma itu, blogger senior pun terus berupaya agar tetap memberikan informasi berkualitas untuk pemirsanya. Yes, ini wajib. Bagaimana dengan blogger pemula yang baru mulai? Pasti ada mules-mulesnya saat mulai dihadapkan dengan tugas bikin konten. Soalnya ini yang paling bikin mual. Tapi itu pasti akan berlalu dan berakhir indah pada waktunya. 


Blogger pemula pun pasti suka melakukan kesalahan, kealpaan yang dulu mungkin pernah dilakukan para senior blogger. Kesalahan ini sering terulang dan kasusnya juga tidak jauh beda. Kesalahan ini boleh disebut dengan dosa. Sesuai judulnya, Dosa Blogger Pemula, membahas kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger yang baru mulai blogging. 


Ada berapa dosa blogger pemula ini? 

Mungkin bisa ratusan jumlah kesalahannya. Bisa lah nanti dikasih tambahan di komentar kalau Anda mau kasih masukan. Inilah beberapa macam dosa yang sering dilakukan oleh blogger pemula:


Ngasal 

Ngasal tidak jelas tujuannya menandakan tidak serius bahkan parahnya lagi tidak punya tujuan. 


Ngelantur

Ngelantur pembahasan materi artikelnya tidak fokus. Di bagian awal ngebahas masalah A, di bagian lain ngebahas B, C, D, dan seterusnya. Judulnya menarik tapi isinya pepesan kosong tidak ada mutunya. Cuma ngejar popularitas. Semua kata kunci diembat. Jadi musuh para blogger, terutama para blogger pemula. 


Ngegas

Ngegas, bahasa sekarang mungkin banyak ujaran kebencian. Ngandelin nafsu bukan lagi akal sehat. Seakan yang dilakukan dia segalanya benar dan yang lain pasti salah. Padahal hanya ada pada Allah dan diri Rasulullah kebenaran yang kekal. 


Ngopi

Ngopi di sini bukan kopi pakai air yang nikmat kalau diminum. Ngopi maksudnya menyalin tulisan orang tanpa poles. Tempel plek terus ngaku-ngaku itu karya dia. Nggak baik ini. Kalau mau plek banget ya ngutip sebagian saja terus dijelaskan pakai bahasa sendiri. Perbuatan ngopi plek itu terlarang dan bisa mengantakan pelakunya ke meja hijau (pengadilan) jika penulis atau pembuat konten aslinya tidak terima. 


Ngaco

Ngaco, suka bikin berita yang tidak sesuai fakta. Kadang sesuai fakta tapi malah memecah belah. Suka ngadu domba. Bukan domba beneran ya. Tapi maksudnya membuat perpecahan antara umat. Buat yang nemu berita viral hendaknya cek dulu kebenarannya. Hayo dosanya tersebar lho. Berkali-kali lipat dosanya nanti yang didapat. Bagaimana nanti pertanggungjawabannya di akhirat sementara kalau nyebar via online itu tidak bisa kedeteksi sampai mana penyebarannya. Seperti virus yang gampang tersebar. 


Nginstan

Nginstan seperti mie instan. Seinstan-instannya mie instan pasti butuh proses pemanasan. Direbus atau direndam dulu pakai air panas, dibumbui baru bisa dinikmati. Blogger pemula pengennya bisa langsung menghasilkan. Artikelnya baru lima biji, baru sehari ngeblog sudah ngomel-ngomel nagih penghasilan. Semedi aja dulu selama 3 bulan. Ngonten tiap hari minimal satu biji dan jangan kasih kendor. Udah nurut saja sama saya kalau mau beneran berhasil ngeblognya. 


Ngumpet

Ngumpet tidak mau dipublish ke umum karyanya. Padahal dia pengen tulisannya bisa memberi manfaat kepada banyak orang. Tapi dia umpetin, diprivate tulisannya. Sepemula-pemulanya blogger pasti pengen karyanya dibaca orang, supaya bisa dikoreksi orang lain untuk dia perbaiki lagi. Kalau ngumpet? Entah apa yang merasukimu... 


Saran saja nih buat pemula yang mau mulai ngeblog, alangkah baiknya jika perbaiki niatnya dan banyakin ilmunya. Kalau belum punya atau belum tahu tentang Ngeblog sampai menghasilkan passive income pahala dan Rupiah dari blog, boleh ikutan Program Ngeblog yang InsyaAllah diberikan ilmunya secara privat dan berkelanjutan. Ini khusus untuk yang benar-benar pemula karena materinya basic banget. 


Untuk meminimalisasi dosa para blogger silakan amalkan dan jauhi larangan. Semoga berkah ilmunya. Aamiin. 


0 Response to "Dosa Blogger Pemula"

Post a comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel