-->
Terimakasih Kepada 1220942 Pengunjung

11 Cara Optimasi Gambar Agar Mudah Terindeks Robot Mesin Pencari

Cara optimasi gambar website



Untuk mempercantik blog, Anda disarankan melengkapinya dengan menyematkan gambar, baik untuk halaman depan maupun di dalam postingan. Akan tetapi, hal ini tidak asal tempel. Ada 11 cara optimasi gambar yang perlu Anda tahu sebagai berikut. 


Lisensi Gambar

Gambar yang dipasang pada blog, sebelum ditempel alangkah baiknya diperhatikan terlebih dahulu tentang lisensi dari gambar tersebut. Tidak sembarangan tempel. Ada gambar-gambar yang punya lisensi tidak boleh dicomot mentah-mentah karena akan berakibat fatal sebab menyalahi hak cipta. 

Gunakan gambar-gambar yang berlisensi gratis. Ada banyak penyedia gambar gratis di internet. Anda tinggal download saja. 

Ada juga gambar yang berlisensi berbayar yang mengharuskan Anda membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan akses download gambarnya. 


Sumber Gambar 

Ketika Anda sudah download gambar berlisensi gratis, alangkah baiknya menyertakan sumber gambar tersebut sebagai penghargaan terhadap creatornya. 

Mereka pasti akan senang dan suka karena karya mereka dihargai. Mereka akan bangga saat mengetahui karyanya bisa bermanfaat untuk orang lain. 


Ukuran Gambar

Stop, jangan tempel dulu gambarnya. Gambar yang berukuran besar mengakibatkan sebuah blog akan menjadi lambat membuat halaman. Ini yang disebut loading lama atau lola. 


Kesal menunggu lama terbukanya blog, dikhawatirkan pengunjung kapok. Oleh sebab itu diharapkan Anda rampingkan dulu ukuran gambarnya menggunakan aplikasi atau software. Aplikasi gratis untuk edit gambar banyak tersedia di play store. Boleh pakai canva, pixart, snapsheed, photoshop, dan lainnya. 


Kualitas Gambar

Meskipun ukuran gambar jadi langsing, jangan sampai gambarnya jadi kurang jelas. Pastikan gambar tertap berkualitas dan terlihat bentuk dan wujudnya. 


Terkadang saat mengubah ukuran gambar, malah menjadikan gambar buram, pecah, bahkan tidak jelas. Maka jangan terlalu kecil ukurannya. Pastikan tetap terlihat. 


Untuk Anda yang pakai WordPress, tidak perlu repot memperkecil ukuran gambar satu per satu. Cukup sekali klik untuk menjadikan gambar ringan tapi tidak mengurangi kualitas. 


Haruskah pakai WordPress? Ini hanya saran saja supaya ngeblog optimal dan gampang optimasinya. Dapatkan website WordPress Sekarang. 


Kalau pakai blogspot, silakan lakukan secara manual. 


Desain Gambar 

Desain gambar memang mempengaruhi keindahan. Akan tetapi ada yang lebih penting dari itu. Gambar yang dipasang hendaknya menumbuhkan kenyamanan dan ketertarikan. 


Ketertarikan saat baru melihat cuplikan artikel sehingga mau klik dan membuka halamannya. Kenyamanan berupa keindahan gambar yang bisa dinikmati sehingga dapat menyebabkan pengunjung mau berlama-lama 


Nama Gambar

Menjadi faktor terindeks mesin pencari salah satunya dengan memberikan nama pada gambar yang dipasang. Jangan biarkan nama gambar hasil download namanya image.jpg, download.png, 1image.png tanpa nama sesuai kata kunci. 

Beri nama gambar sesuai dengan kata kunci yang digunakan. Dengan cara ini diharapkan memudahkan mesin pencari mengindeks gambar Anda sesuai dengan kata kunci yang dipakai. 


Caption Gambar

Berikan deskripsi singkat tepat di bawah gambar. Jelaskan, gambar apa yang dipasang. Bisa juga dibubuhi sumber gambar, tanggal diambil gambar tersebut, dan lainnya. 

Cara ini dapat membantu pembaca memahami apa yang ada pada gambar secara detail di samping membaca artikel yang panjang. 


Tag Gambar

Meta tag gambar memudahkan mesin pencari merayapi gambar. Bahkan lebih cepat mengindeks gambar dari pada mengindeks isi artikel. 


Masukkan kata kunci pada alt tag gambar juga pada title tag gambar. Tag ini sangat membantu robot mesin pencari menemukan gambar sesuai dengan kata kunci. 


Relevansi Gambar

Gambar yang dipasang hendaknya nyambung dengan artikel. Jika gambar nyambung maka dianggap informasinya menarik. 

Artikelnya membahas pesawat terbang, gambar yang dipasang gambar ayam goreng. Apa itu nyambung? 


Jelas itu jaka sembung pakai sarung hehe. Pilih gambar yang nyambung dengan pembahasan sehingga informasinya bisa terwakili oleh gambar. 


Posisi Gambar

Gambar sudah oke. Bagaimana posisinya? Letakkan gambar pada post, bisa di awal, tengah, dan akhir. Tapi jika meletakkan gambar di dalam postingan hendaknya pasang gambar yang mewakili isi artikel di posisi paling awal. 


Gambar yang dipasang di paling atas akan terdeteksi lebih awal dan akan menjadi gambar display. Biasa disebut featured image. 


Link Gambar 

Anda bisa mengubah link tujuan pada gambar menuju halaman yang Anda inginkan. Misal saya pasang gambar penawaran website sesuai budget, maka Anda akan diarahkan ke halaman penawaran website. 

Website Sesuai Budget murah



Tidak lagi menuju ke link sumber gambar. Ini akan mengakibatkan halaman tujuan mendapatkan traffic juga dan punya internal link yang memicu bertambahnya kunjungan. 


0 Response to " 11 Cara Optimasi Gambar Agar Mudah Terindeks Robot Mesin Pencari "

Post a comment

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel